MENGENAL RUANGAN KOKPIT DALAM PESAWAT


KOKPIT

Mungkin bagi Anda yang belum mengetahui lebih dalam tentang kokpit, kegunaan ruangan kokpit dan ada apa saja di dalam kokpit, artikel sederhana ini akan membantu Anda mengetahui bagian dari pesawat itu yaitu kokpit.

Di dalam kokpit


 
Pusat kendali dari pesawat jet adalah kokpit. Di sinilah tempat pilot mengemudikan dan mengendalikan pesawat dan memastikan semuanya bekerja dengan aman.
Kokpit merupakan sebuah ruangan yang berukuran kecil. Biasanya tempat tersebut cukup memuat dua orang pilot. Di dalam ruangan kecil tersebut terdapat dua jenis perlengkapan : peralatan kendali yang mengemudikan pesawat dan peralatan yang memberi tahu pilot bagaimana pesawat tersebut terbang.

Tepat di depan pilot terdapat kolom kendali yang mengendalikan kemudi guling pada sayap dan elevator pada ekor pesawat. Ketika kolom ini digerakkan ke kanan dan ke kiri, pesawat akan berputar ke kanan atau ke kiri. Ketika ditarik ke belakang atau didorong ke depan, hidung pesawat akan naik atau turun.

Setiap penerbang memiliki dua pedal di atas lantai yang mengendalikan sirip di bagian ekor. Pedal ini membuat pesawat berbelok ke kanan dan ke kiri. Tuas-tuas di bagian tengah kokpit di antara kedua pilot mengendalikan kekuatan mesin.

Kokpit dipenuhi dengan berbagai peralatan. Ada beberapa jenis kompas untuk membantu awak pesawat melakukan navigasi (menemukan jalan). Altimeter menunjukkan ketinggian (seberapa tinggi pesawat di udara). Petunjuk kelajuan udara memperlihatkan kelajuan udara bergerak melewati pesawat. Pilot (atau komputer dapat menggunakan kelajuan udara dan ketinggian pesawat untuk menghitung seberapa laju pesawat bergerak di atas tanah. Peralatan lain disebut horizon tiruan alat ini memberi tahu pilot kapankah pesawat terbang mendatar, naik, atau menukik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...