Flying School dalam Negeri :
1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
Curug, Tangerang
stpicurug
Curug, Tangerang
stpicurug
Swasta :
1. Aeroflyer Institute
Komplek Pergudangan Bandara Mas Blok A-10/No.7, Tangerang
aeroflyerinstitute.
1. Aeroflyer Institute
Komplek Pergudangan Bandara Mas Blok A-10/No.7, Tangerang
aeroflyerinstitute.
3. Bali International Flight Academy
Graha Niaga, Jakarta & Buleleng, Bali
http://www.baliflightacademy.com
Graha Niaga, Jakarta & Buleleng, Bali
http://www.baliflightacademy.com
5. Deraya Flying School
Halim Perdanakusumah, Jakarta
http://www.deraya.co.id/en/Flying-School/Overview.html
Halim Perdanakusumah, Jakarta
http://www.deraya.co.id/en/Flying-School/Overview.html
7. Lombok Institute of Flight Technology
Selaparang Int’l Airport, Lombok
http://www.liftflightacademy.com/
Facebook
Selaparang Int’l Airport, Lombok
http://www.liftflightacademy.com/
8.Merpati Pilot School
Jalan Angkasa Blok B-15, Jakarta & Surabaya
http://www.merpatitrainingcenter.ac.id
Jalan Angkasa Blok B-15, Jakarta & Surabaya
http://www.merpatitrainingcenter.ac.id
9. National Aviation Management (Sriwijaya Air)
Pangkal Pinang, Bangka Belitung
http://www.nam-flyingschool.com/
Facebook
Pangkal Pinang, Bangka Belitung
http://www.nam-flyingschool.com/
12. Wings Flying School (Beasiswa Lion Air)
Cirebon, Jawa Barat
Cirebon, Jawa Barat
Flying School di Luar Indonesia :
1. Aeroflite Aviation Corporation / APG Flying School
Subic Int’l Airport, Philippines
http://apgflyingschool.com/
Subic Int’l Airport, Philippines
http://apgflyingschool.com/
2. All Asia Aviation Academy
IBA Airport, Zambales, Philippines
http://aaa-central.com/
Info Enroll Indonesia
IBA Airport, Zambales, Philippines
http://aaa-central.com/
Info Enroll Indonesia
4. Ace Pilot Aviation Academy
No.2 Mia Road Brgy.Tambo, 1700 ParaƱaque, Philippines
http://acepilotsacademy.com/
http://sekolahpilot.com/
No.2 Mia Road Brgy.Tambo, 1700 ParaƱaque, Philippines
http://acepilotsacademy.com/
http://sekolahpilot.com/
4. Epic Flight Academy
Florida, Amerika Serikat
http://www.epicflightacademy.com/
info enroll indonesia
Florida, Amerika Serikat
http://www.epicflightacademy.com/
info enroll indonesia
Apa yang Kita Dapat dari Flying School ?
Nah itu dia pertanyaan perangsang pertama kita dapat apa dengan join ke FS?
ya mau jadi pilot lah
Tau bos, tapi pilot yang mana dulu?
Lho memangnya pilot ada banyak macamnya ya?
mmm bukan begitu sih, tapi lebih tepatnya, dengan join ke FS, kita dapet lisensi apa nih?
ow yayayaya jelasin dong sob
ya mau jadi pilot lah
Tau bos, tapi pilot yang mana dulu?
Lho memangnya pilot ada banyak macamnya ya?
mmm bukan begitu sih, tapi lebih tepatnya, dengan join ke FS, kita dapet lisensi apa nih?
ow yayayaya jelasin dong sob
Jadi, lisensi seorang pilot itu ada macam-macamnya. FYI, pada umumnya
FS akan memberikan dua jenis lisensi ketika kita lulus, yaitu PPL
(private pilot licence) dan atau CPL (commercial pilot licence). Lalu
apa perbedaan antara keduanya?
PPL: Private Pilot License.
Adalah lisensi pertama yang didapat oleh seorang penerbang. Dengan
lisensi ini dia dapat terbang dengan membawa penumpang dengan
keterbatasan tidak boleh menerima bayaran. Lisensi ini seperti halnya
SIM A bagi pengemudi mobil. Minimum jam terbang untuk mendapatkan PPL
adalah 40 sampai 60 jam terbang tergantung peraturan negara tersebut.
CPL: Commercial Pilot License.
Lisensi ini didapat setelah mendapatkan PPL. Dengan lisensi ini seorang
penerbang dapat menjadi penerbang profesional yang menerima bayaran
untuk pekerjaannya sebagai penerbang. Biasanya dibutuhkan sekitar 140
sampai dengan 250 jam terbang untuk mendapatkan lisensi ini tergantung
peraturan negara tersebut.
Kalau tujuan kita mau jadi pilot buat
hepi-hepi aja, terbang saat weekend, maka lisensi yang diperlukan
hanyalah PPL. tapi kalau tujuan utamanya adalah menjadi pilot
profesional dan terbang dengan maskapai, ya harus punya CPL. Ingat, CPL
tidak bisa didapatkan tanpa sebelumnya meraih PPL dulu. Ibarat mau masuk
SMA, mesti lulus SMP. Selain CPL, FS juga biasanya memberikan lisensi
IR (instrumen rating).Ini biasanya satu paket dengan CPL.
Instrument Rating.
Rating ini adalah tambahan bagi PPL atau CPL untuk menerbangkan pesawat
dengan hanya berorientasikan instrumen. Gunanya untuk terbang dengan
jarak pandang yang rendah dan terbang dengan ketinggian yang tidak
memungkinkan untuk melihat daratan sebagai acuan. Biasanya seorang
penerbang tidak diperkenankan menerbangkan pesawat jet tanpa instrument
rating.
Apa Persyaratan Agar Bisa Masuk Flying School ?
Setelah mengetahui daftar FS yang ada,
maka pertanyaan berikutnya bagi para calon siswa ialah bagaimana cara
mendaftar (enroll) ke FS? Pada umumnya enrollment tiap sekolah bisa jadi
berbeda satu sama lain. Tetapi, terdapat garis besar dimana setiap FS
memiliki kesamaan persyaratan untuk calon siswanya. Persyaratan utama
itu antara lain : Medical Examination (Medex), English Proficiency,
terakhir Psikotest dan atau Aptitude Test. Beberapa FS bahkan
menambahkan lagi persyaratan lain seperti tes fisik (misalnya di STPI
Curug), Tes NBO (misalnya di BIFA), atau bahkan wawancara (di STPI dan
BIFA juga). Hal ini adalah normal mengingat persyaratan enrollment
adalah hak prerogatif tiap FS.
Namun sebelum dibahas mengenai 3 persyaratan di atas, pastinya tiap
FS memiliki persyaratan umum bagi calon siswa. Persyaratan tersebut
antara lain :
1. Berusia minimal 17 atau 18 tahun
2. Lulus SMU atau sederajat
3. Tinggi minimal 165 atau 170 bagi lelaki dan 160 bagi perempuan
1. Berusia minimal 17 atau 18 tahun
2. Lulus SMU atau sederajat
3. Tinggi minimal 165 atau 170 bagi lelaki dan 160 bagi perempuan
Untuk latar belakang usia, walaupun tidak dijelaskan batasan
maksimumnya, namun beberapa FS seperti STPI dan BIFA memberikan batasan
umur maksimal. Jenis kelamin bebas. Latar belakang jurusan ketika SMU
biasanya juga bebas. Selama ini setahu TS hanya STPI Curug saja yang
mengharuskan calon siswanya dari jurusan IPA. Untuk tinggi badan akan
ditentukan ketika Medex. Sejauh ini tidak dijelaskan mengenai batasan
berat badan, namun pada umumnya yang diminta adalah ideal, dan ini juga
ditentukan ketika Medex.
Panduan menghitung berat badan yang ideal bisa dilihat disini :
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=…&postcount=466
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=…postcount=1021
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=…postcount=1021
Panduan singkat menjadi penerbang bisa dilihat disini :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu…-sekolah-pilot
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu…-sekolah-pilot
Untuk Informasi persyaratan umum calon siswa ini silahkan dikonfirmasi kembali dengan FS masing-masing.
MEDICAL EXAMINATION
Medex merupakan istilah dari tes
kesehatan bagi calon siswa penerbang. Walaupun begitu, Medex tidak hanya
dikhususkan bagi calon siswa saja, malah medex menjadi rutin bagi para
pilot, pramugari/pramugara serta flight engineer/teknisi yang dalam
pekerjaanya berhubungan dengan pesawat udara secara langsung. Untuk
Indonesia, medex dilaksanakan di Balai Kesehatan Penerbang (Hatpen) di
Kemayoran, Jakarta Pusat. Termasuk para warga negara asing berprofesi di
atas, baik itu calon siswa di FS Indonesia ataupun bekerja di maskapai
Indonesia, sama-sama mesti melaksanakan medex di Hatpen.
Berikut Hal-hal yang diperiksa pada waktu Medex :
Hal- hal yang akan dilakukan ketika medex antara lain :
1. Cek Laboratorium
Meliputi cek darah dan urine untuk mengetahui antara lain kadar kolesterol, asam urat, trigliserida, haemoglobin, dan lain2.
1. Cek Laboratorium
Meliputi cek darah dan urine untuk mengetahui antara lain kadar kolesterol, asam urat, trigliserida, haemoglobin, dan lain2.
2. Tes Audiometri
Semacam tes pendengaran. simpel saja, hanya ingin mengetahui pendengaran kita msh normal apa engga.
Semacam tes pendengaran. simpel saja, hanya ingin mengetahui pendengaran kita msh normal apa engga.
3. Cek Gigi
Cukup jelas. Yang pasti gigi tidak boleh ada yang bolong. Usahakan tambal semua gigi yang bolong. Penggunaan behel/kawat dibolehkan. begitu juga dengan gigi palsu dan gigi ompong juga boleh.
Cukup jelas. Yang pasti gigi tidak boleh ada yang bolong. Usahakan tambal semua gigi yang bolong. Penggunaan behel/kawat dibolehkan. begitu juga dengan gigi palsu dan gigi ompong juga boleh.
4. Cek Mata
Cukup jelas. Penggunaan kacamata adalah dibolehkan, namun dengan batasan2 tertentu (silahkan konfirmasi dengan FS untuk mengetahui batasan yang dibolehkan, karena masing2 FS bisa jadi menetapkan standar yang berbeda). Mata yang sudah di Lasik (laser) setau TS adalah dibolehkan (namun untuk yang sudah atau akan di Lasik sebaiknya konsultasi dulu dengan FS).
Cukup jelas. Penggunaan kacamata adalah dibolehkan, namun dengan batasan2 tertentu (silahkan konfirmasi dengan FS untuk mengetahui batasan yang dibolehkan, karena masing2 FS bisa jadi menetapkan standar yang berbeda). Mata yang sudah di Lasik (laser) setau TS adalah dibolehkan (namun untuk yang sudah atau akan di Lasik sebaiknya konsultasi dulu dengan FS).
5. Rontgen
Cukup jelas. Hanya rontgen (x-ray) biasa saja. Mungkin tujuannya biar mengetahui kalau ada apa2 dengan paru2.
Cukup jelas. Hanya rontgen (x-ray) biasa saja. Mungkin tujuannya biar mengetahui kalau ada apa2 dengan paru2.
6. ECG
Semacam tes jantung. Badan akan dipasangi kabel2 lalu kita disuruh tiduran sekitar 15mnt. Beberapa rekan ada yang melakukannya sambil treadmill. Kurang tahu juga maksudnya untuk apa.
Semacam tes jantung. Badan akan dipasangi kabel2 lalu kita disuruh tiduran sekitar 15mnt. Beberapa rekan ada yang melakukannya sambil treadmill. Kurang tahu juga maksudnya untuk apa.
7. Cek Fisik
Cukup jelas. buat TS ini termasuk yang paling menegangkan. Bukan apa2, melainkan karena kita akan di examine secara personal oleh seorang dokter, biasanya perempuan dan biasanya cantik selama pemeriksaan berlangsung kita hanya menggunakan celana dalam/boxer saja. Ketika tes fisik kita akan ditanya riwayat pernah mengalami penyakit2 tertentu, pernah kecelakaan sampe menyebabkan patah tulang atau tidak, dan lain2.
Cukup jelas. buat TS ini termasuk yang paling menegangkan. Bukan apa2, melainkan karena kita akan di examine secara personal oleh seorang dokter, biasanya perempuan dan biasanya cantik selama pemeriksaan berlangsung kita hanya menggunakan celana dalam/boxer saja. Ketika tes fisik kita akan ditanya riwayat pernah mengalami penyakit2 tertentu, pernah kecelakaan sampe menyebabkan patah tulang atau tidak, dan lain2.
8. EEG
Kabarnya EEG ini adalah untuk mengetahui apakah kita mempunyai kelainan otak atau kejiwaan. Jadi kepala kita akan dipasang kabel2 juga mirip ECG, kita juga harus berbaring, mesti rileks, tutup mata tapi jangan sampai ketiduran. Kalau sampai ada posisi yang tidek rileks, bisa2 proses diulang dari awal lagi. Untuk EEG, tidak dilaksanakan di Hatpen, melainkan di Lakespra MT Haryono atau di RDPAD Gatot Subroto. Hatpen akan memberikan surat rekomendasi untuk EEG apabila proses medex yang lain sudah dilewati.
Kabarnya EEG ini adalah untuk mengetahui apakah kita mempunyai kelainan otak atau kejiwaan. Jadi kepala kita akan dipasang kabel2 juga mirip ECG, kita juga harus berbaring, mesti rileks, tutup mata tapi jangan sampai ketiduran. Kalau sampai ada posisi yang tidek rileks, bisa2 proses diulang dari awal lagi. Untuk EEG, tidak dilaksanakan di Hatpen, melainkan di Lakespra MT Haryono atau di RDPAD Gatot Subroto. Hatpen akan memberikan surat rekomendasi untuk EEG apabila proses medex yang lain sudah dilewati.
Keseluruhannya, Medex bisa diulang
(recheck) apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian. Contohnya, TS waktu
medex ternyata memiliki kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi,
dengan haemoglobin yang rendah. Gigi juga ada 2 yang ditemukan berlubang
dan mesti ditambal. Selain itu, pada saat cek mata ternyata TS juga
ditemukan memiliki mata yang minus bonus silindris. Dokter di hatpen
lalu memberi resep obat yang harus diminum untuk 2 minggu lalu datang
kembali. Untuk mata, diharuskan recheck kembali menggunakan kacamata. TS
lalu datang skitar 3 minggu berikutnya, Alhamdullah semua test lolos
pada saat recheck, keluarlah sertifikat medex 2nd class.
Biaya pada saat Medex adalah sekitar 750rb. untuk EEG mesti membayar
lagi sendiri di Lakespra atau RSPAD Gatot Subroto kurang lebih 150rb
CMIIW. Untuk recheck hanya diharuskan membayar apa yang di recheck saja.
Oiya, kalau lancar, medex bs selesai dalam masa 1 hari. Pagi jam 7-9
tes, siang jam 12 sudah bisa keluar hasilnya, bentuknya sertifikat kecil
warna kuning, berlaku selama 12 bulan untuk calon siswa penerbang.
ENGLISH PROFICIENCY
English Proficiency merupakan keharusan
kedua buat calon siswa penerbang. Kalau mau simplenya, sebut saja tes
bahasa Inggris. Beberapa FS melaksanakan test ini secara internal (misal
pada STPI atau BPA), maksudnya, tes diselenggarakan oleh FS itu
sendiri. Namun, ada beberapa FS juga yang menyerahkannya ke pihak
ketiga, baru hasilnya (sertifikatnya) diserahkan ke FS yang
bersangkutan. Contoh kedua ini misalnya pada BIFA dan LIFT, dimana kedua
FS ini mewajibkan calon siswanya untuk lulus dalam TOEIC (test of
english as international communication). BIFA dan LIFT biasanya
menganjurkan calon siswanya untuk test TOEIC di International Test Center.
Syarat kelulusan yang diminta antara 600-650. Sertifikat yang
dikeluarkan berlaku 2 tahun. Jadi jika calon siswa sudah pernah memiliki
sertifikat TOEIC yang masih valid, tidak perlu di tes TOEIC lagi, cukup
serahkan sertifikatnya saja.
Kenapa bahasa Inggris wajib buat calon siswa penerbangan? Jawabannya
simpel, semua manual dan buku pelajaran penerbangan hampir 100%
diterbitkan oleh penerbit luar yang notabene berbahasa Inggris. belum
lagi instruktur terbang (FI) di beberapa FS di Indo adalah bule2. Hal
yang tidak kalah penting, semua manual dan instrumen pesawat terbang
juga dalam bahasa Inggris, dan semua komunikasi dalam dunia penerbangan
(contoh : kontek2an dengan ATC-Air Traffic Controller) juga dalam bahasa
inggris, walaupun pilot tersebut terbang dalam penerbangan domestik.
Intinya, bahasa Inggris akan menjadi bahasa kedua bagi calon siswa
penerbang atau pilot itu sendiri. TS sendiri belum pernah ketemu siswa
penerbang atau pilot profesional yang bahasa inggrisnya pletat pletot
bahkan untuk pilot2 AURI sekalipun. So kalau agan mau jadi siswa
penerbang dan merasa ngga pede dengan bahasa Ingggrisnya, sebaiknya
dibenahi dulu. Ingat, bahasa Inggris bukan hanya ketika mau di tes saja,
melainkan bahasa wajib dalam dunia penerbangan. Belum lagi kalau rejeki
agan bagus, bisa diterima di maskapai asing, tinggal di luar negeri
dimana bahasa Indo mungkin jarang agan gunakan lagi.
PSIKOTES / APTITUDE TEST
Psikotes merupakan syarat ketiga buat
calon siswa FS. Sifatnya umum, untuk mengetahui kepribadian calon siswa.
Soal2nya kurang lebih sama seperti tes CPNS pada umumnya. Buku2 tentang
psikotes juga banyak dijual di luaran. Kalau istilah Psikotes biasanya
untuk mengetahui kepribadian secara umum, maka istilah Aptitude test
biasanya untuk mengetahui bakat seseorang. dalam hal ini ialah bakat
terbang dan apakah siswa tersebut cocok untuk menjadi penerbang atau
tidak.
Pada beberapa FS test psikotes/aptitude ini dimodifikasi, jadi tidak
murni psikotes saja melainkan digabungkan dengan tes2 lainnya untuk
mengetahui apakah pribadi dan karakter kita cocok atau tidak untuk
menjadi penerbang. Misal, pada BIFA, tes ini dinamakan E-Profilling.
Isinya tidak hanya psikotes, tetapi ada juga ada tes matematika, fisika,
bahasa inggris, pemahaman teknik, instrumen visual, bahkan tes
monitoring and instrument coordination ala main Flight Simulator. Kalau
siswa lulus di E-Pro, dilanjutkan dengan tes NBO. Penjelasannya bisa
dilihat disini. Sementara penjelasan tentang NBO di BIFA bisa dilihat dilihat disini.
Contoh lain misalnya di BPA, psikotes dan aptitude tes
diselenggarakan dalam bagian yang berbeda. Sementara di LIFT, psikotes
ini dinamakan VTS test. Penjelasan tentang VTS bisa dilihat disini
Biaya Sekolah Pilot
Pertanyaan ini boleh jadi merupakan
pertanyaan pertama buat calon siswa penerbang, bahkan sebelum siswa
mengetahui syarat2 masuknya. Untuk diketahui, biaya FS di Indonesia
berkisar antara 500-600 juta rupiah, atau setara dengan 55.00-65.000
USD. Hanya di STPI Curug yang biaya sampai lulus tidak melewati 60 juta
rupiah. Maklum, STPI adalah akademi milik pemerintah dan bersubsidi.
Untuk ukuran pembiayaan sebuah FS, harga di Indonesia ini bisa
dikategorikan agak mahal. FS di Amerika atau Filipina misalnya (yang
menjadi favorit siswa Indonesia di luar negeri), hanya berkisar antara
35.000-45.000 USD.
Untuk standar Indonesia, harga tersebut biasanya sudah termasuk biaya
hidup, yang dalam hal ini siswa biasanya ditempatkan di mess khusus
dengan fasilitas lengkap termasuk makan. Pastikan fasilitas apa saja
yang akan agan dapatkan dengan harga yang ditawarkan tersebut. Walaupun
begitu, persiapkan juga “dana taktis” sebab biasanya ada saja
pengeluaran yang tidak terduga.
Kok Mahal Banget ? Ada Pinjaman Gak ?
Yup, biaya yang mahal membuat calon siswa
jadi mundur teratur ketika terpikir mau jadi pilot. Sebetulnya ada ngga
sih FS yang memberi beasiswa? Jawabannya ada. Misalnya Batavia air,
melalui Aeroflyer, membuka beasiswa 1 tahun 1x. STPI Curug juga
menawarkan beasiswa. Kemudian Lion air melalui WFS juga memberikan
beasiswa 80%, sementara 20% nya bayar pribadi. Silahkan cek di website
masing2 maskapai atau FSnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang
beasiswa yang ditawarkan.
Selain model beasiswa, beberapa FS juga menawarkan model pinjaman
Bank atau Loan. Jadi, ibaratnya kita bayar sendiri biaya FS sebesar
50-60%, baru sisanya dibayarkan oleh Bank. Kelak apabila kita sudah
bekerja sebagai pilot, pelunasan hutang ini dibayar melalui sistem
pemotongan gaji. Beberapa FS yang memiliki sistem Loan ini antara lain
BIFA, BPA dan NAM. Sekali lagi, silahkan dikonfirm kembali dengan FS
masing2 mengenai Loan ini.
Sumber : http://www.kaskus.us / TS Akun : sekbang