TAHUN 2016 BIOFUEL AKAN DIGUNAKAN UNTUK SEMUA PENERBANGAN


Kementerian Perhubungan menyatakan maskapai di Indonesia harus siap menggunakan bahan bakar ramah lingkungan terhitung mulai 2016.

“Meski tidak murni menggunakan biofuel, tapi masih ada campuran,” kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono usai membuka International Green Aviation Conference di Nusa Dua, Bali.

Menurut dia, inisiatif Indonesia itu penting untuk menunjukkan pada dunia peran Indonesia dalam kebijakan sektor penerbangan. Terutama untuk menunjukkan komitmen menekan emisi gas rumah kaca.

Indonesia, lanjut Bambang, siap mengurangi emisi hingga 26 persen. Jika ada bantuan internasional, maka ditargetkan pengurangan emisi bisa mencapai 41 persen.

Bambang menambahkan, sejumlah bandara internasional baru di Indonesia sudah mulai menerapkan prinsip ramah lingkungan. “Bandara Ngurah Rai, Soekarno-Hatta dan Juanda sudah mulai ke arah ramah lingkungan,” ujar Bambang.

Kesiapan penggunaaan bahan bakar ramah lingkungan disambut dari pihak maskapai penerbangan. “Kita targetkan penggunaan biofuel untuk seluruh armada pesawat pada 2015,” kata Direktur Operasi Garuda Indonesia Novianto Herupratomo dalam kesempatan sama.

Garuda saat ini memiliki 96 unit armada dan pada 2015 bertambah menjadi 144 unit. “Pemerintah harus siap mendukung dengan tersedianya pasokan biofuel,” pinta Novianto.
infopesawat disarikan dari : http://infopenerbangan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...