Inilah Helikopter-helikopter Berukuran Kecil


Dewasa ini, menjadi penumpang pesawat terbang sudah makin mudah dilakukan banyak orang, biaya penerbangan pun sudah makin murah. Tidak heran jika kemudian jumlah penumpang pesawat makin bertambah banyak dari waktu ke waktu. Tapi sepertinya tetap sangat sulit bagi kebanyakan orang untuk bisa memiliki pesawat terbang pribadi, meskipun hanya sebuah pesawat dengan ukuran mini yang umumnya hanya untuk kapasitas satu orang. Hanya kalangan tertentu yang bisa memiliki pesawat terbang pribadi, tentunya orang-orang yang memiliki kelebihan finanial. 

Tapi tak apa, jika hanya sekedar ingin melihat-lihat pesawat helikopter berukuran mini yang bisa dimiliki oleh perorangan tentu tidak ada salahnya, bukan? Dibawah ini ada beberapa model pesawat helikopter yang dirancang untuk kapasitas satu atau dua orang.

Helikopter yang pertama dinamakan Mosquito XE. Mungkin karena ukurannya yang mungil sehingga dinamakan seperti itu. Sebuah helikopter dengan tampilan yang sederhana, tanpa kokpit maupun kabin, dan hanya ada satu kursi untuk pengemudinya. Mosquito XE diproduksi sejak tahun 2002 oleh perusahaan Innovator Technologies. Mosquito XE ditawarkan dengan harga US$.20.000.



Tapi mungkin Anda menganggap bahwa tampilan Mosquito XE terlalu minimalis. Pesawat yang konstruksinya hanya terdiri dari kerangka logam ini selintas mirip "jemuran terbang". Kurangngejreng.... Jangan khawatir, dengan menambah US$.3.000 lagi Anda sudah mendapatkan kokpitnya plus selubung bodi yang lain. Maka, Mosquito XE pun menjelma menjadi Mosquito XELyang seperti tampak pada gambar disamping.



Mau helikopter mungil dengan versi yang lebih ngejreng lagi? Perusahaan Innovator Technologies berencana untuk membuat Mosquito lain yang juga hanya untuk kapasitas satu orang. Tampilannya akan seperti gambar disamping ini. Tapi Mosquito versi ini masih dalam pengembangan. Jadi, harap bersabar ya.



Lalu, ada kendaraan terbang lain yang masih menggunakan konsep terbang helikopter, namanyaSpringtail EFV-4. Kendaraan terbang untuk satu orang ini dikembangkan oleh perusahaan Trek Aerospace. Jika menempuh jarak yang agak jauh dengan mengendari Springtail EFV-4 ini mungkin akan menjadi penerbangan yang cukup melelahkan dikarenakan pengemudi terpaksa berdiri selama penerbangan. Harga yang ditawarkan pun cukup melangit jika dibandingkan Mosquito XE dan Mosquito XEL, yaitu seharga USD$.1,25 juta. Karena terbentur dengan peraturan FAA, Springtail EFV-4 ini hanya bisa dijual dan terbatas sebagai pesawat eksperimental. 



Dan yang berikut ini adalah kendaraan terbang dengan ukuran mungil untuk kapasitas dua orang, pilot dan penumpang. Namanya Hummel dan kita sebut saja dengan nama helikopter Hummel. Kendaraan udara ini dirancang oleh Daniel Kocyba. Konstruksi propeller-nya mirip seperti pada Springtail EFV-4. Helikopter Hummel sudah dioperasikan oleh kalangan terbatas di luar negeri sana. Sayangnya kami belum mendapatkan spesifikasi maupun harganya. Kemampuan Hummel cukup menjanjikan sehingga tak heran jika para pengamat penerbangan memprediksi bahwa Hummel bisa dimanfaatkan untuk taksi udara, layanan darurat, penjaga pantai, tugas-tugas kepolisian dan militer, dan tentu saja sebagai kendaraan pribadi. Ukurannya yang mungil dan bisa dilipat hingga makin mungil untuk bisa disimpan dengan mudah, dan tentu saja helikopter Hummel tidak membutuhkan heliport konvensional sebagai landasan landing maupun take-off. Pengemudinya cukup memiliki sertifikat pilot olah-raga saja.

innovator.mosquito.net.nz, gizmag.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...